cara mengoperasikan avometer digital

Tutorial Cara Menggunakan Avometer Digital [Fungsi dan Gambarnya]

  • May 17, 2021

Avometer dapat diartikan sebagai alat ukur kelistrikan. Avometer ini pada dasarnya memiliki fungsi untuk mengukur arus listrik, mengukur tegangan AC, mengukur tegangan searah dan juga mengukur hambatan listrik. Pada dasarnya istilah avometer ini berasal dari kata AVO dan meter di mana AVO adalah singkatan dari A yang merupakan Ampere dan berarti arus listrik, V yaitu volatage yang memiliki arti tegangan serta O atau Ohm yang berarti hambatan.

Kemudian, avometer juga terbagi atas dua jenis yaitu avometer digital dan avometer analog. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu avometer digital dan analog serta cara menggunakan avometer digital, maka silahkan menyimak ulasan berikut yang satu ini.

Avometer Digital dan Avometer Analog

Avometer digital merupakan jenis avometer yang memiliki hasil tampilan pengukuran dengan menggunakan penunjuk angka digital. Adapun avometer analog merupakan jenis avometer yang memiliki tampilan hasil pengukuran dengan menggunakan skala serta jarum yang berputar. Pada dasarnya, avometer digital memiliki keunggulan dibandingkan jenis analog.

Selain menampilkan angkan yang bisa dilihat secara langsung, avometer digital juga bisa menampilkan angka dengan banyak digit sehingga dapat dikatakan bahwa avometer digital lebih akurat dibandingkan yang analog.

Dalam dunia otomotif sendiri, avometer juga telah banyak menology para teknisi saat melakukan pemeriksaan atau pengecekan listrik pada mobil. Sebut saja pengukuran tegangan aki mobil, pengukuran konektor. Selain avometer, ada juga alat multitester yang cara memakainya sedikit sama seperti pemakaian avometer.

Cara Menggunakan Avometer Digital

cara mengoperasikan avometer digital

MENGUKUR TEGANGAN (VOLTMETER)

Dalam mengukur tegangan dengan menggunakan alat avometer digital maka langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan menyiapkan obyek yang akan diukur. Selanjutnya, putarlah knob selector ke arah pengukuran tegangan. Setelah itu, hubungkanlah probe positif pada titik positif kemudian lanjutkan dengan menghubungkan probe negative di titik negative.

MENGUKUR ARUS (AMPEREMETER)

Selain digunakan untuk mengukur tegangan (voltmeter), avometer digital juga bisa digunakan untuk mengukur arus amperemeter. Adapun langkah-langkahnya ialah, yang pertama siapkan obyek yang akan Anda ukur terlebih dahulu setelah itu silahkan memutar knob selektro ke bagian pengukuran arus. Selanjutnya, hubungkanlah probe positif pada titik positif lalu lanjutkan dengan menghubungkan probe negative ke titik negative.

MENGUKUR HAMBATAN (OHMMETER)

Kemudian untuk mengukur hambatan dengan menggunakan alat avometer digital maka langkah pertama yang harus dilakukan ialah dengan menyiapkan obyek yang akan Anda ukur. Selanjutnya, putarlah knob selector ke bagian atau arah pengukuran hambatan. Hubungkanlah probe positif pada bagian titik positif. Setelah itu lanjutkan dengan menghubungkan probe negative ke bagian titik negative.

Perlu Anda ketahui pula bahwa jika baterai multimeter yang Anda gunakan berada dalam keadaan rendah ataupun rusak maka jangan sekali-kali menggunakan alat ini untuk melakukan pengecekan. Hal ini dilakukan demi menghindari terjadinya sengata listrik tegangan tinggi yang bisa berakibat fatal bagi tubuh manusia.

cara menggunakan avometer digital

Nah, demikianlah informasi tentang avometer digital dan cara menggunakan avometer digital. Saat ini, harga avometer digital sudah sangat terjangkau. Tak hanya itu berbagai jenis avometer digital pun sudah bisa ditemukan di berbagai market place.

Namun, sebelum membeli alat avometer digital ini pastikan untuk mengetahui fitur dan jenis yang akan Anda beli. Jika Anda ingin menggunakannya untuk keperluan service atau hanya sekedar hobi maka menggunakan avometer analog juga sudah bisa digunakan.

Akan tetapi jika Anda memang membutuhkan avometer untuk keperluan industry dan lab maka sebaiknya menggunakan avometer jenis digital. Selain harga yang tidak terlalu mahal hasil pengukuran juga lebih akurat dan jelas dengan menggunakan avometer digital.

Ada banyak merk besar seperti HP, spardio, sanwa, zotek, heles, visero, viper, sunshine dan krisbow. Meski berbeda produsen, tetapi cara mengoperasikan relatif sama. Bagi pemula, memakai perangkat ini memang sedikit perlu banyak belajar.

Komponen di dalamnya juga berbeda, ada resistor dan transistor tentunya. Tetapi penggunaannya memang tidaklah sederhana, dibutuhkan keahlian dalam penggunaan alat bagaimana agar cara lebih mudah dipahami orang.

districtabidjan.org

E-mail : admin@districtabidjan.org

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*